Sunday, July 22, 2012

Penebel dan makanan disekitarnya

oke wodys, setelah liburan 10 hari di rumah, mimin dapet pencerahan buat nulis tentang desa tempat mimin dulu menghabisakan masa kecil.

yaps, dulu mimin waktu TK sama SD itu sekolah di Penebel, kalian mungkin yang dari luar tabanan (bali) ga tau dimana itu penebel. okeh, mimin coba jelaskan, kalian pernah denger daerah Jatiluwih ga?
nah daerahnya agak  deket sana :D
Oke, lanjut aja nih yak. Sesuai sama judul yang udah mimin ketik, mimin akan bercerita sedikit tentang makanan yang mimin temuin di penebel ini. Oke, langsung MARKICUS ( mari kita capsus) bahas ini :
1. Tipat Tahu sebelah SMA 1 penebel

nah, kenapa namanya isi sebelah sma 1 penebel? ya krna tempatnya daerah sana :D aslinya sih ga tau nama tempatnya :D oke, menu disini ada sate ayam, soto ayam dan tahu tipat. Kalo masalah rasa sih ya coba aja sendiri :D tahu tipat disini agak beda, bedanya apa? bedanya itu tahu tipatnya isi kah dari soto ayamnya trus bumbunya pun kayak diisi bumbu sate. Penasaran kayak gimana, itu tuh gambahnya uda mimin tampilin :)

2. Entil
what is entil? pasti banyak yang ga tau. yaps, entil itu makanan tradisional gitu, beras yang dibungkus daun trus direbus, bumbunya itu saur ( kelapa + kacang) rasanya lumayan enak. Nah dipenebel inilah  aku pertama kali makan makanan ini. Harganya murah loh, cuma 2000 sebungkus :D





3. Tipat cantok
mungkin dari tadi kalian bingung, apasih tipat itu? yaps tipat itu ketupat. 
tipat cantok kalo di jogja itu mirip gudeg, bedanya itu kacangnya langsung ditumbuk kayak bumbu lotek, sayurnya sayur yang uda direbus trus dikasi ketupat.
 4. Plecing Kangkung


nah, makanan ini nih banyak dijual dimana mana. Plecing ini enak banget kalo ditambahin sama tahu. rasanya pedes pedes gimana gitu cocok deh buat yang suka pedes.buat yang ga suka terasi kayak mimin, mungkin akan agak gimana gitu waktu tau kalo bumbu plecing ini isi terasi tapi kalo uda dicoba ( bumbu yang terasinya dikit) pasti ketagihan deh :D

5. Ladrang bawang
ini nih semacem krupuk dari tepung gitu, rasanya enak, tapi mimin ga ada gambarnya.

6. Loteng
nah ini cemilan paling enak sedunia, mimin suka banget sama cemilan yang satu ini. rasanya itu enakkkkkk banget

7. Nasi jinggo
biasanya ada di pasar kalo pagi ato malem.miip nasi kucing yang ada lauk sama sayurnya , tapi dibungkus sama daun pisang.



0 comments: