Tuesday, August 21, 2012

Cukup Mengerti


Hari ini rasanya begitu sesak, sesak sekali, rasanya untuk menarik atom atom oksigen untuk masuk ke terowongan aliran sungai kehidupanku susah.
Rasa sesak ini melebihi rasa sesak dada ketika menyelesaikan persamaan schrὃdinger yang tak kunjung menemukan jawaban.
Entah apa yang kini ku rasakan, rasanya sangat hampa, hampa sekali. Rasanya itu beneran uda ga ada gairah hidup sama sekali.  Rasanya kayak hidup tanpa ada jiwa. Rasanya kayak uda jadi zombi seperti cerita – cerita orang luar negri sana.
Rasanya seperti udah ga ada masa depan kedepannya, kosong. Pangeran berkuda putih kini hanya tinggal kenangan. Ya, hanya karna cowo geblek ini, aku jadi kayak gini. Jadi cewe galo yang susah move on.
 “ASEM, NYEBELIN, ANJIR!!!!!”, gerutuku.
Aku ga habis pikir, seorang cowo baik, alim kayak adit ternyata cowo tukang PHP.
“Asem! Kenapa sih aku mau aja di bego begoin kayak gini sama tu cowo brengsek?! Anjir. Apasih salahku ke dia. Kok tega sih dia lakuin ini ke aku?” teriakku memecah kedamaian bukit yang kian menyepi ini. Ga nyangka aku bisa netesin air mata buat cowo brengsek kayak gini.
 Aku sama adit itu udah deket dari awal kuliah. Latar belakang kita yang sama yakni sebagai mahasiswa baru di jurusan yang sama dan perantau di kota pelajar yang katanya sangat Instimewa ini lah yang kemudian mempertemukan kami.
Adit cowo asli Bandung, tinggi, kurus dan cukup pinter. Entah ada salah apa dengan dirinya, tiba – tiba aja ga ada ujan ga ada badai, dia bilang ” Put, lupain aku ya. Kayaknya kita cuma bisa sampe disini. “ sembari ninggalin aku pergi gitu aja.
Langsung rasanya ada petir yang dateng, tiba – tiba awan yang tadinya tersenyum penuh cinta tiba – tiba berubah jadi mendung kayak bakal ada badai topan yang melanda kehidupanku ke depannya.
Ya kenyataannya abis itu emang ada badai topan tornado berkecamuk dalam jiwaku, rasanya itu hatiku tergores,badai itu uda memporak-porandakan hatiku hingga hancur berkeping – keping.
“Putri, kenapa sih kamu mau aja deket sama orang kayak Adit gitu?! Kamu kenapa jadi orang polos gini sih put?! Put!! Kenala kamu selalu makek hatimu sih ?! harusnya kamu hidup itu ga usah make hati, kalo ujung ujungnya kamu bakal nangis kayak gini!”, teriakku lagi.
Saat ini, aku rasanya seperti orang gila yang kehilangan obat penawarku. Aku kalut, kacau. Perasaanku hancur. Sejenak aku terdiam,ya cuma itu yang bisa aku lakukan. Apa iya aku sekarang harus berlari mengejar Adit yang mungkin sekarang lagi nemuin cewe yang mungkin dirasanya lebih dibanding aku, trus minta kejelasan dan kemudian dipermalukan di depan si cewe itu?
Aku bingung, seharian ini aku terdiam. Sesekali ku coba syukuri apa yang terjadi, anggep aja ini cara Tuhan buat nunjukin orang yang lebih baik buat aku kedepannya, tapi kemudian bayangan kenangan indah bareng Adit muncul lagi, saat kita tertawa bareng, panik bareng, sampe kenangan berantem ala bocah 5tahunan. Cuma kata – kata absurd “ Kalo lu cinta dia, lu  harusnya bisa bahagia liat dia bahagia, ya walopun bahagianya bukan sama elu” bikin nyesek sekaligus bangkit, tapi lagi-lagi kenangan yang terlalu indah itu yang bikin susah buat beranjak pergi walopun hati udah tinggal puing – puingnya aja.
“Putri, Putri, Put... Putri“ terdengar suara ala terompet pecah di depan kost.
“Pasti itu si Nadin sama Candra deh yang treak – treak ga jelas gini”, gumamku.
Eh bener aja para liliput ini yang dateng. Mereka berdua ya walopun suka nongol seenaknya depan kost gitu sambil treak – treak ga jelas kayak mbak – mbak pengamen di lesehan, aslinya mereka itu baik, care banget jadi sahabat. Uh, kalo bisa di bilang nih, mereka ini selalu dateng pas aku lagi galo.Uda kayak tempat curhatan spesialis galo percintaan, tapi aku bingung , kenapa coba mereka bisa dateng dadakan kayak gini, saat aku lagi mukak bantal, dandanan semrawut, lengkap dengan mata panda.
“Put, tadi kita ditelfon Adit, dia bilang kamu lagi sakit. Kamu sebenernya sakit apa”,tanya Nadin.
“Kamu demam po? Tapi kok mata panda gitu? Kmau demam sambil nangis ? ato kamu lagi berantem sama Adit” tambah Candra.
“Heh? Adit nelfon kalian? Ngapain cowo bego kayak dia nelfon kalian? Can,denger ya, aku sama Adit itu Cuma temenan dan ga lebih, dia malah kemaren bilang kita udahan temenan ampe segini aja”sahutku.
“Hah? Serius put? Kok gitu? “tanya Candra lagi.
“iye, kalo ngga percaya, tanya noh sama orangnya”sahutku ketus.
“Awalnya gimana tuh put? Kok bisa jadi kayak gini? “tanya nadin.
Dan akhirnya ku ceritakan awal perbincanganku dengan Adit di gardu pandang Kaliurang hingga akhirnya Adit memutuskan untuk meninggalkan ku sendiri disana.
Nadin dan Candra hanya bisa berkata “ yang sabar ya Put” untukku. Mereka bingung, kenapa Adit menyuruh mereka menemaniku padahal dia lah yang membuatku terluka saat itu.
Sejak saat itu, aku memutuskan untuk menjadi seorang calon istri yang baik yang sedang mencari calon suami yang harus diseleksi dalam tahap pacaran.
Aku akan belajar dengan sungguh – sungguh dan meningkatkan kualitas diriku kedepannya karena ku yakin wanita yang baik hanya untuk pria yang baik juga.
Hari – hari di kampus ku lalui seperti biasa, seolah – olah tak ada masalah dengan Adit. Entah ini suatu kebetulan atau takdir, kami tidak pernah bertemu lagi di kampus. Rasanya sangat sulit dipercaya,mengingat kami yang ada di jurusan dan prodi yang sama namun berbeda kelas.
Sudah 3 bulan tepat setelah Adit meninggalkanku, kami benar – benar tak bertemu. Benar – benar tidak ada komunikasi lewat bbm, sms, telfon,facebook ataupun twitter.Rasa rindu  pun mulai muncul lagi dibenakku jika mengingat dirinya.Tapi, jika kuingat lagi apa yang telah ia lakukan 3bulan yang lalu terhadapku, rasa rindu itu pun sirna dan bermetaforsa menjadi rasa kecewa yang tiada batasnya.
Ketika aku,Nadin dan Candra nongkrong di basecamp kami yaitu di perpustakaan lantai 3. “Eh, menurut kalian nih, yang paling keren gaya nya di kelas jurusan kita siapa sih?” tanya candra yang mulai tampak serius. “Menurutku sih Alfi, doddy, eza, diga, sama didit, kalo menurut kalian siapa?”jawabku.
“Kalo menurutku sih aa diga yang paling cakep, secara aku udah ngefans sama dia sejak kita pertama kali kuliah, kalo kamu can?”jawab nadin.
“Kalo aku, sih mas dodot dong, kan aku uda jadian sama dia kmaren malem”, jawab Candra sambil tersipu malu.
“Wah, yang baru jadian ga bilang – bilang. Ga mau tau ntar kita harus dapet PJ nih”, seruku.
“Iye, beres kakak, selow.”kata Candra.
“Put, gimana hubungan kamu sama Adit? Udah pernah komunikasi lagi?” tanya Nadin.
“yaelah din, kenapa nanyain itu lagi sih? Ntar putri sedih lagi loh”,sahut Candra.
“Ah, ga apa kok Can. Aku sama Adit ga pernah komunikasi lagi sejak saat itu. Aku juga ga pernah ketemu dia di kampus, mungkin dia emang beneran ga mau ketemu aku kayaknya” jawabku sambil tersenyum.
“Lah, kamu ga tau put? Adit kan balik ke Bandung. Udah 3 bulan ini ga kuliah.Denger – denger cerita anak kelas sebelah sih, dia itu abis kecelakaan 2bulan yang lalu waktu lagi jengukin ibunya yang sempet sakit sejak Adit ninggalin kamu. Tapi ga ada satupun anak di kelasnya yang tau pastinya sekarang dia gimana. Katanya sih Adit bakal balik ke Jogja besok”jawab Nadin.
Pikiranku langsung melayang,entah ada apa dengan semua ini,semua tampak janggal dan mencurigakan.”Ada apa sebenarnya dengan Adit? Dia kenapa?Tuhan, kenapa semua tampak rumit kali ini? Kenapa Tuhan?”keluhku dalam hati.
Dan kini, tiba lah saat yang ku tunggu. Hari ini Adit akan tiba di Jogja.Mungkin dia lelah, tapi terlalu banyak pertanyaan di pikiranku yang tak dapat menunggu jawaban lebih lama lagi.
Ku tunggu Adit di stasiun Tugu, dan ya akhirnya ku temukan sosok Pria tinggi kurus yang sedikit pincang, mirip dengan Adit,dan ternyata dia memang Adit.
“Hey dit, udah lama ya ga ketemu, kamu apa kabar?”sapaku dengan penuh senyum.
“Kabarku baik put, kamu gimana? Kok bisa ada disini?” jawabnya agak sedikit canggung.
“Aku baik kok dit. Tentang yang dulu..” belom sempat ku teruskan, Adit langsung berkata “ yang dulu itu aku serius Put. Dan sampe kapan pun itu ga bakal pernah berubah. Kamu harus bisa terima kenyataan itu. Aku ga bisa sama kamu lagi put. Aku ga mau nyakitin kamu lebih dari ini. Masih banyak cowo di luar sana yang berharap bisa sama kamu put. Jangan kamu sia – siain diri dan waktu kamu untuk aku yang ga mungkin bisa ada buat kamu.”
“tapi kenapa dit? Apa salahku?Apa karna kita Cuma temenan dan kamu bisa seenaknya gini sama aku?”tanya ku sambil menangis.
“Put, please. Tolong ngerti keadaanku. Aku ga bisa sama kamu. Aku minta kamu ga usah berharap kita bisa kayak dulu lagi. Dan semua yang dulu pernah aku lakuin ke kamu itu tulus Put, tapi sayang itu DULU bukan sekarang....”jawabnya lagi sambil berlalu meninggalkanku.
Anjir, ga nyangka banget Adit bakal bilang kayak gitu ke aku. Di stasiun, dia dengan mudahnya biarin aku nangis di tengah keramaian tanpa ada sedikit belas kasihan.
Oke. Aku cukup mengerti dengan hal ini dan bergegas menuju parkiran untuk mengambil motor yang sepertinya sudah menunggu untuk ku hidupkan. Rasanya kali ini aku mengendarai motor dengan sangat amat kacau. Aku hanya merasa ringan dan melayang melaju dengan motorku hingga aku tiba – tiba tak sengaja menggol seorang pemulung yang membawa gerobak dan tubuhku terasa melayang, ringan sekali, damai sekali dan indah sekali.
Ku lihat di samping ku banyak orang berkerumuman, dan saat ku tanya ada apa, tak seorang pun menghiraukanku.Karna penasaran, aku berusaha menyelip di antara kerumunan itu dan ku dapati seorang gadis yang sepertinya ku kenal dan mirip denganku berlumuran darah, ku perhatikan dengan seksama lagi dan setelah lama ku perhatikan, ternyata itu aku. “Apa aku  sudah mati?”tanyaku. “Belum nak, kamu hanya diberi kesempatan untuk bermain – main sebentar melihat sekitarmu tanpa harus menggunakan badanmu” jawab seorang kakek renta dengan memakai baju serba putih.
“Kakek? Kok mirip sama sebuah foto yang ada di rumahku ya? Kakek siapa ya?” tanyaku kepada kakek yang berdiri di depanku.
“Iya, ini kakek yang ada di foto itu. Ternyata kau masih ingat ya. Kakek adalah orang yang selalu menjaga mu dari kamu kecil hingga sekarang. Dan kakek pula yang membuatmu menjadi seperti ini” jawab kakekku.
“Kok kakek jahat ? Kok kakek tega ngelakuin hal ini ke aku?Aku masih mau hidup kek, masih mau nikmatin masa mudaku” sahutku.
“Temani badanmu selama 3 hari kedepan, dan kamu akan mengerti semuanya. “jawab kakek yang tiba – tiba menghilang.
Ku temani badanku selama 3 hari yang tergeletak tak berdaya di ruang ICU.Ku lihat Adit, Nadin dan Candra yang datang terlebih dahulu dan kemudian menghubungi keluargaku untuk segera datang menjengukku. Ku lihat, hanya Adit yang bertahan dan menemaniku hingga larut malam, ku lihat sesekali ia menangis. Ia merasa berasalah setelah memperlakukanku seperti ini.
“Put, bangun Put. Maaf udah buat kamu kayak gini. Aku ga maksud. Aku cuma ngerasa aku terlalu rendah buat kamu Put, aku ngerasa ga pantes buat kamu. Aku cuma seorang anak pegawai biasa Put, ga seperti kamu. Status kita beda.”tangisnya.
“Harusnya dari awal aku bersyukur ada cewe yang sayang sama aku, harusnya aku ga mikir kalo kamu cuma bakal suka sama cowo berkelas kayak gitu.Aku nyesel Put.Put,Ayo bangun. Aku ga tega liat kamu sakit gini.Put, mending aku yang sakit gini.Aku udah terbiasa sakit Put, dibanding kamu. Put, Ayo bangun.”tambahnya lagi.
“Dit, udah dit.Ga usah nyesel gitu. Semua udah terlanjur. Sekarang kita Cuma pasrah dan berdoa aja semoga Putri cepet siuman.”kata Nadin yang mencoba menenangkan Adit.
“Gue salah din, Gue salah. Kalo gue ga ninggalin Putri, semua ga bakal kayak gini. Put, Bangun put. Ayo put, katanya kamu mau pergi ke Bukit Bintang sama aku, Ayo put kita ke Bukit Bintang sekarang, ayo put, sadar”kata Adit sambil menangis.
Melihat Adit seperti itu, kini aku tau apa maksud kakek. Ternyata ini jawaban Tuhan atas segala keluhku yang pernah ku keluhkan dalam hati. Harusnya aku tak sampai seperti ini, tak harus mengorbankan tubuhku untuk mendapatkan jawaban ini, karna tentu aku perlu pemulihan yang tak singkat untuk ini.Namun, sedikit bersyukur dengan musibah ini karna dengan begini aku mengerti tentang Adit dan alasannya dia pergi meninggalkanku.Dan sekarang aku sudah cukup mengerti tentang hal ini.
Hari ini adalah hari ke 3, tepat dimana aku akan kembali pada tubuhku. Ku temui kakek lagi, dan saat aku ingin berterimakasih, tiba – tiba ada cahaya amat  terang yang menyilaukan mata dan aku kembali pada tubuhku. Rasanya seluruh badanku sakit sekali. Aku mencoba beranjak dari kasur dan selang – selang yang menempel pada tubuhku.
“Put, kamu uda siuman? Dokter suster, Putri sudah siuman” teriak Adit.
“Ga usah triak – triak gitu dit. Dokternya ngga budek kok”kataku sambil tersenyum.
“Put, tentang yang kemarin..”belum ia menyelesaikan kalimatnya, aku bilang”Ah selow, aku udah tau kok semuanya. Alesan kamu ninggalin aku, dan janji kamu mau ngajak aku ke Bukit Bintang, jadi kapan kita kesana?” tanyaku penuh semangat.
“ke bukit bintang? Kapan aku bilang gitu? Idih GR banget sih” jawabnya sambil menggodaku.
Aku cuma cemberut dan diam, kemudian tiba – tiba Adit memelukku dan berbisik, “idih, baru digituin aja uda ngambek. Sabar ya sayang, nanti kalo kamu udah sembuh kita kesana.”
Kemudian dokter datang dan memeriksaku. Dokter menyarankan aku agar istirahat selama 3 minggu untuk pemulihan.
Dan saat aku sembuh, benar saja, Adit mengajakku ke Bukit Bintang, disana bukannya melihat bintang yang ada di bawah, kami malah sibuk menghitung bintang yang ada di langit. Adit begitu romantis kali ini, dia memberiku bunga tulip putih kesukaanku dan menyanyikan sebuah lagu untukku dengan gitar gitar kesayangannya. Kini aku mengerti, kenapa seseorang bisa berubah dengan cepat, bukan karna ia menginginkannya, tapi karna ia tak ingin apa yang dicintainya nantinya merasa sakit, ya walaupun yang berubah itu merasa sakit. Ia mencoba menahan rasa sakitnya, seperti Adit. Tapi jika ternyata perubahan itu menyakiti keduanya, mungkin perubahan itu tidak perlu dilakukan, karna hati dan cinta tak akan mudah berubah. Ia seperti bintang di langit sana , meski sering tertutup awan yang kelabu, sinar mentari yang lebih terang, cinta kan selalu ada.





2 comments: